Metode Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Microsoft Excel




File Donload :  Metode Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Microsoft Excel


Metode Menghitung Masa Kerja Dengan Microsoft Excel

Masa kerja adalah jangka waktu orang sudah bekerja pada suatu organisasi atau lembaga baik lembaga pemerintah maupun swasta, dalam artian berapa lamakah seseorang bekerja pada suatu lembaga organisasi yang dihitung sejak pertama kali mulai bekerja, semakin lama masa kerja seseorang tenaga kerja akan semakin dianggap berpengalaman atau senior.

Lamanya masa kerja seseorang dalam melaksanakan tugas pada sebuah organisasi, lembaga akan mempengaruhi pengalaman (SDM) dan menjadi pertimbangan didalam pemberian upah atau gaji, tunjangan, fasilitas, promosi dan sebagainya bagi seorang pekerja.

Baiklah saudara-saudaraku yang saya sayangi, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada saudara semua, barangkali  dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan praktis tentang bagaimana Metode Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Microsoft Excel   bagi  seseorang pegawai atau karyawan pada suatu organisasi, lembaga yang saudara kelola.

Bagimana cara menentukan masa kerja seseorang? Caranya sangat mudah. Anda bisa bayangkan apabila belum tahu caranya dan harus menghitung satu-satu dengan mengurangkan tanggal saat dihiutung dengan waktu seorang pegawai atau karyawan mulai bekerja. Untuk dapat menentukan berapa lama sesorang telah bekerja anda bisa menggunakan fungsi datedif. Jika anda ingin database masa kerja yang bisa bergerak otomatis bisa menggunakan kombinasi dated if dengan today(). Berikut Caranya:
Ilustrasi
“Bapak Zulham Arbain telah bekerja di perusahaan X sejak tanggal 12 Januari 1993. Hari ini staff di bidang personalia ingin mengetahui berapa masa kerja bapak Zulham Arbain. Apa rumus yang harus dipakai oleh Staff personalia tersebut? Apakah harus menghitung secara manual?”

Si Staff personalia tidak perlu menghitungnya manual. Anda bisa membantunya menghitung masa kerja dengan menggunakan rumus
=DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)
keterangan:
c3 = cell yang berisi tanggal mulai bekerja
Today () = tanggal hari ini
“Y” = format tampilan
tampilan data yang muncul akan seperti gambar berikut
 
Format Today() mengacu pada tanggal hari ini. Format tersebut bisa anda ganti dengan tanggal yang diinginkan sesuai kebutuhan. Misalkan kita ingin mencari masa kerja Bapak Zulham Arbain pada tanggal 31 Desember 2017 bisa menggunakan rumus
=DATEDIF(C3;D1;”Y”)
D1 = cell yang kita isikan dengan tanggal 31/12/2017
hasilnya, masa kerja pak Zulham Arbain adalah sama dengan 24 tahun
 

Menyajikan Masa Kerja Lebih Informatif
Penyajian data yang lebih informatif akan lebih memudahkan penggunanya untuk mengambil keputusan. Nah, data masa kerja yang telah dihitung dengan menggunakan Microsof Excel di atas bisa anda permak menjadi lebih informatif sebagai berikut:

A. Menambahkan Kata Tahun
Untuk menambahkan kata tahun cukup modifikasi rumusnya menjadi
=””&DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)&” Tahun”
 
B. Menampilkan Durasi Masa Kerja S.D. Bulan Dan Hari
Untuk lebih akurat anda bisa menambahkan durasi masa kerja dalam  bulan dan hari dengan menggunakan rumus sebagai berikut
=DATEDIF(C3;Today();”Y”) untuk tahun
=DATEDIF(C3;Today();”YM”) untuk bulan
=DATEDIF(C3;Today();”MD”) untuk hari
masing-masing data durasi tahun, bulan, dan hari bisa anda pisah di kolom yang berbeda atau dijadikan satu dengan tampilan lebih informatif dengan rumus
=””&DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)&” tahun “&DATEDIF(C3;TODAY();”YM”)&” bulan “&DATEDIF(C3;TODAY();”MD”)&” hari”
Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
 
Perlu dicatat bahwa dengan menggunakan penambahan kata tahun, bulan, dan hari, angka yang tertera tidak bisa langsung digunakan untuk perhitungan matematis.
Cukup mudah kan, Metode Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Microsoft Excel. Banyak jalan menuju roma. Jika anda punya cara lain yang lebih bagus dan lebih cepat jangan ragu-ragu untuk membaginya melalui kotak komentar di bawah. 
Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana Metode Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Microsoft Excel  dan apabila saudara-saudaraku ingin memiliki file nya, saya sajikan dalam bentuk Microsoft Word. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi saudaraku,  apabila ada kurang dan lebihnya mohon maaf,  terima kasih.
File bisa di Download di sini   






Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

MARI themes

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget